#bungaazzahrahappinessproject (1)

7:28:00 PM

Pada awal tahun 2016 saya membaca buku The Happiness Project karya Gretchen Rubin. Saya merasa sangat terinspirasi (semua orang yang berhasil menyelesaikan buku itu juga pasti menyatakan begitu) dengan ide yang ada di dalam buku itu. Saya tahu buku tersebut dari sahabat saya, Neti Triwinanti pada awalnya yang membaca English editionnya. Saya memilikinya juga sebenarnya. Hanya saja, karena buku dengan bahasa asing, perjalanan saya membaca buku tersebut super tersendat-sendat. 



Ternyata, bang Akhyar justru punya yang edisi Bahasa. Saya baru melihatnya ketika memang menyengajakan diri melihat-lihat rak bukunya. Sangat menyenangkan walaupun bukunya sudah lama. Saya sebenarnya justru merasa malu, ini buku lama dan saya baru membacanya di tahun 2016?

Akhirnya, setelah membaca buku itu saya juga ingin memiliki #bungaazzahrahappinessproject saya sendiri. Memang bukan suatu project yang matang. Saya secara impulsif saja memiliki hal-hal yang ingin saya lakukan di tahun 2016 ini. Salah satunya yang berusaha konsisten untuk dilakukan adalah berbagi hal-hal yang menurut saya bermanfaat. Saya menyengajakan diri untuk membeli beberapa barang tertentu dan membagikannya secara cuma-cuma pada beberapa orang. Terinsipirasi dari kutipan terkenal "Happiness is real when shared" dan saya memulainya di bulan Januari 2016. 

Apa yang saya lakukan di bulan Januari 2016? Saya akhirnya memberi 9 VCD Edukatif untuk anak-anak. Pada awalnya, saya hanya membeli satu buah untuk "tukeran kado" dengan teman saya di RMLC, yaitu mbak Nana. Kemudian, saya memang sempat juga membelikan VCD sejenis untuk mbak Rike karena mbak Rike bilang VCDnya sepertinya bermanfaat. Jadilah sebenarnya karena merekalah saya terinspirasi memberikan VCD Edukatif khususnya mengenai penanaman value Islam ke lebih banyak orang (walaupun akhirnya cuma 9 orang saja hehe). 


Ketika saya membuat pengumuman di halaman facebook saya, ada lebih dari 9 orang yang berminat. Saya jadi kebingungan dan sedih kalau ada orang yang tidak dapat. Tapi akhirnya bang A bilang, "gabisa semuanya dong, kalau semuanya bisa dapat nanti jadi tidak spesial lagi dan kamu susah untuk melanjutkan project ini di waktu yang akan datang". 

Saya pikir apa yang ia bilang betul juga. Budget saya tidak banyak di setiap bulannya. Pada akhirnya saya memang tidak bisa menyenangkan semua pihak kan. Semoga saya konsisten menjalankannya hingga #bungaazzahrahappinessproject (12) ya. Aamiin. 

Sebenarnya happiness project saya tidak hanya ini. Ada beberapa yang lain, ada beberapa pula yang tidak ditayangkan di media sosial. Sejauh ini, saya merasa ikut senang ketika bisa berbagi kepada orang lain. Saya juga belajar untuk memberikan yang terbaik kepada orang lain. Lepas dari apapun respon orang lain tersebut ketika menerima hadiah saya, selama saya mengusahakan yang terbaik, insya Allah kesenangan saya tidak berkurang. 

Dari project ini saya belajar banyak hal. Pertama, saya tidak bisa menyenangkan semua orang. Dengan keterbatasan saya, tentunya banyak orang yang tidak tersentuh project ini. Kedua, saya belajar untuk tidak mengharapkan balasan dari orang lain. Ternyata, ketika kita memberi sesuatu kepada orang lain, kita belajar memberi sebaik-baiknya namun juga tetap tanpa pamrih. 



Akhirnya dengan project ini saya belajar sesuatu. Sampai jumpa di #bungaazzahrahappinessproject selanjutnya! 

Love, 
bungaazzahra

You Might Also Like

0 comments

Haniva Az Zahra. Powered by Blogger.