Skincare Review: Rohto Mentholatum Melano CC Intensive Anti Spot Essence / Medicated Intensive Spot Correcting Serum

5:52:00 PM

Punya bekas jerawat yang agak kecoklatan hingga kehitaman? Itu biasa disebut sebagai PIH (post inflammatory hyperpigmentation). PIH adalah hasil produksi melanin berlebih pada kulit yang terjadi akibat peradangan. Jadi, selain jerawat, PIH juga bisa terjadi pada luka, karena dua-duanya merupakan bentuk peradangan pada kulit kita. Sebenarnya PIH ini warnanya bisa bermacam-macam, bagi yang kulitnya cenderung lebih terang, warnya menjadi merah, sedangkan pada kulit saya yang sawo matang, warnanya menjadi coklat gelap.

Nah, kabar baiknya, PIH ini tidak permanen loh. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memudarkan bekas PIH. Bantuan dari skincare yang tepat bisa mempercepat hilangnya PIH ini. Saya pribadi masih mencoba produk over the counter untuk menghilangkan bekas jerawat PIH.

Berdasarkan salah satu artikel female daily, ada beberapa yang bisa digunakan untuk menghilangkah PIH. Pertama adalah skincare dengan acid AHA/BHA yang fungsinya adalah mengeskfoliasi kulit mati, sehingga PIH kita lama kelamaan akan pudar seiring dengan bergantinya lapisan kulit yang baru. Kedua, kita bisa menggunakan serum vitamin C dalam bentuk absorbic acid. Selain itu, kalau kita pergi ke dokter kulit, biasanya akan diberikan tretinoin, pencerah hydroquinone atau azelaic acid yang berfungsi untuk mempercepat regenerasi sel. Nah, untuk kali ini, saya pribadi lebih fokus ke produk yang over the counter saja karena Alhamdulillah saya tidak memiliki banyak bekas jerawat.

Produk yang saya gunakan adalah serum vitamin C dalam bentuk absorbic acid dari Rohto. Sejujurnya, saya tidak tahu pasti nama produknya apa, karena semua tulisan yang ada di packagingnya itu dalam Bahasa Jepang. Kalau saya search di internet sih, dua nama ini yang sering disebut-sebut. 


Ingredients
Saya pribadi mulai membiasakan diri untuk selalu mengecek ingredients sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Hal ini saya lakukan karena saya tentu khawatir ada salah satu bahan yang ternyata membuat kulit iritas/tidak cocok. Apalagi kan ini serum yang pasti mengandung active ingredients.

Berikut daftar ingredients dari produk ini: full cosDNA

Active Ingredients: Ascorbic Acid (Active Vitamin C), Tocopheryl Acetate (Vitamin E Derivative), Dipotassium Glycyrrhizinate, Isopropylphenol
Lainnya: Ascorbyl Tetraisopalmitate, Ethoxydiglycol, Alpinia Katsumadai Seed Extract (Alpinia White), BG、Edetate, Thickeners, Fragrances

Packaging
Menurut saya, packagingnya biasa saja, ya sesuai dengan harganya, jadi memang tidak terlalu bagus. Memang kalau dibandingkan serum lainnya, bentuk seperti ini cenderung berbeda dengans serum yang ada di botol kaca dan menggunakan pipet. Meski begitu, karena memang ditujukan untuk spot treatment sih sebenarnya tidak terlalu masalah. Bahkan sebenarnya karena produk ini memiliki packaging seperti ini tingkat higienitasnya menjadi lebih baik dibandingkan serum dengan botol kaca dan pipet. Selain itu, dengan packaging seperti ini active ingredients yang ada di produk ini menjadi lebih stabil, sehingga tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas.


Product & Scent
Produknya memang cenderung cair agar sedikit berminyak. Tidak berwarna dan ada baunya (yaiyalah ya, kan ada fragrances) seperti wangi citrus (agak dekat dengan jeruk atau lemon sepertinya)


Directions of Use
Cara saya pribadi menggunakannya adalah dengan langsung meneteskan di bagian PIHnya, baru saya ratakan menggunakan tangan (dengan circular motion) hingga meresap tuntas. Saya hanya menggunakan serum ini di bagian yang memang ada PIHnya, tidak saya teteskan di seluruh wajah.

Saya pribadi menggunakannya setelah tahap cleansing. Di berbagai artikel review di internet, saya menemukan beberapa cara yang berbeda dalam menggunakannya. Ada yang menggunakannya setelah toner (di slot serum). Saya pribadi menggunakannya di slot exfoliating. Saya menggunakannya di pagi dan malam hari. Untuk pagi hari, setelah menggunakan ini, di tahap akhir skincare routine kamu jangan lupa untuk menggunakan sunscreen ya.

Review
Kalau yang saya baca di internet, produk ini ditujukan untuk kulit yang berminyak. Meski begitu, saya sebagai pemilik kulit kering, merasa tidak ada efek yang tidak menyenangkan dari serum ini. Saya memang tidak berhenti sampai produk ini saja dan melanjutkan dengan produk-produk yang menghidrasi di tahap setelahnya.

Saya super happy dengan produk ini karena menyadari apabila saya menggunakannya dengan rajin, bekas PIH saya memudar. Bekas PIH yang baru biasanya langsung saya berikan produk ini. Efeknya memang membutuhkan waktu, oleh karena itu memang membutuhkan konsitensi untuk menggunakannya.

Saya mengetahui produk ini pertama kali ketika membaca salah satu postingan seorang dokter di Instagram (sayangnya saya lupa nama akunnya). Saya memang tidak langsung mencari produk ini. Tidak lama setelahnya, online seller langganan saya menjual juga produk ini dan tanpa ragu, saya membelinya. Kemarin saya bahkan sudah membeli back up untuk produk ini karena saya cukup suka. Saya membelinya di tokotujuhpuluh.com seharga Rp199.000. Kalau kamu tertarik membeli ini juga, ada baiknya kamu follow akun @tokotujuhpuluh di Instagram agar apabila produk tersebut tersedia, kamu bisa langsung membelinya.

Ps: Produk ini memberikan dampak yang positif di kulit saya, namun belum tentu memberikan dampak yang sama di kulit kamu. Apabila kamu memiliki dokter kulit khusus, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulitmu. Kalau kamu seperti saya yang senang mencoba beberapa produk skincare, silakan saja, toh ini produk over the counter. Meski begitu, kalau kamu merasakan reaksi tidak menyenangkan seperti iritasi, tentu ada baiknya kamu berhenti.

Love,
@bungaazzahra

You Might Also Like

8 comments

  1. mba, kalo di pake mba, ini efeknya setelah berapa lama penggunaannya biar bekas nya hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk PIH bekas jerawat yang baru di saya sih mulai agak memudar setelah 3-4 hari.. tetapi sampai benar-benar hilang sepertinya butuh waktu 2 minggu ya. Kalau bekas PIHnya lebih lama atau bekas jerawat yang agak lebih parah tentu membutuhkan waktu yang lebih lama. Saya pribadi orientasinya ga langsung yang berharap segera hilang sih, saya lebih percaya sama progres yang perlahan-lahan hehe..

      Delete
  2. Okedeh, makasi banyak mbaa review nya. Saya baru coba, hehe. Semoga cocok��

    ReplyDelete
  3. wih mantap rekomennya ka, wajah kembali cerah merona tanpa bekas jerawat.

    ReplyDelete
  4. Yang mascer sama melano cc White untuk apa ya hehehe

    ReplyDelete
  5. keren banget kak, aku suka karena manfaatnya sangat bagus untuk jerawat dan bekasnya..

    ReplyDelete
  6. hi mba, reviewnya komplit :), mau tanya, memang penggunaannya setelah cleansing wjah, trs langsung dpakai lalu qt menggunakan toner ya mb? dan essence ini sama tidak dengan serum?apakah kalau pakai serum tetap pakai ini tidak apa2 kah? makasih :)

    ReplyDelete

Haniva Az Zahra. Powered by Blogger.