Skincare Review: Nature Republic Aloe Vera 'Soothing' Gel

10:48:00 AM

Saya sedang bersemangat menulis review dari beberapa produk skincare yang saya gunakan. Sebenarnya niat ini sudah muncul dari lamaaaa sekaliiiii. Sampai-sampai, saya memiliki kantong khusus di kamar mandi tempat menyimpan kemasan kosong dari berbagai produk skincare. Sayangnya, sampai kantong tersebut penuh, saya belum juga menulis satu artikel review pun. Akhirnya semangat itu hadir juga dan saya memulainya dengan artikel review serum Vit. C yang memberikan efek baik di saya. Setelahnya, eh saya kok jadi bersemangat untuk berbagi lagi produk-produk yang efeknya membuat kulit wajah saya menjadi lebih baik. 


Produk terpilih (dan yang menjadi prioritas) kali ini adalah sebuah produk yang digemari banyaaaak sekali orang. Sejujurnya, saya pun membeli produk ini karena banyak review yang mengatakan bahwa produk ini bagus. Saya pribadi membelinya di Althea. Untuk kita yang tinggal di Indonesia, kita bisa membeli produk Althea via aplikasi yang didownload di smartphone kita atau bisa juga via berbagai online shop jasa titip Althea di Instagram. 

Apa sih guna dari aloe vera ini? Sebenarnya fungsi utama dari aloe vera gel adalah sebagai pelembap. Menurut saya sih, gel ini bisa digunakan untuk apapun. Bisa untuk rambut sebagai hair mask (harus dibilas), bisa untuk badan (digunakan sebagai body moisturizer), bisa untuk pelembap kulit wajah, atau saya pribadi menggunakan gel ini sebagai wash off (face) mask. 

Saya pribadi pada awalnya malas menggunakan produk ini sebagai pelembap untuk kulit wajah dan badan. Rasanya lengket dan membuat saya kurang nyaman. Akan tetapi, ketika saya menggunakannya sebagai masker, saya justru ketagihan, dan masih menggunakannya hingga sekarang. 

Apa sih fungsi aloe vera gel selain melembapkan? Kalau di diri saya pribadi, aloe vera gel ini juga menghilangkan bruntusan di wajah saya. Saya sempat tuh, beberapa kali menggunakan face brush yang tidak terlalu bersih dan mungkin juga karena sarung bantal saya yang sudah perlu diganti, pipi kanan saya akhirnya cukup banyak beruntusannya. Mengimbangi penggunaan exfoliating product, saya juga menggunakan aloe vera gel ini untuk menghaluskan permukaan kulit. Di saya sih efeknya berhasil! 


Ingredients
Seperti biasa, saya mulai membiasakan diri untuk mengecek ingredients dari produk yang saya gunakan. Berikut daftar ingredients dari produk ini: full cosDNA 

Seperti tertulis di kemasan, 92% dari produk ini adalah aloe vera gel itu sendiri. Di urutan keduanya, kita akan bertemu dengan alkohol. Jeng.. jeng..

Saya pribadi cukup terpengaruh kok ketika tahu produk ini mengandung alkohol. Soalnya tipe kulit wajah saya itu kering. Biasanya kalau produknya mengandung alkohol, efek melempabkannya tidak terlalu ampuh di saya, justru membuat kering. Itulah yang membuat saya pada awalnya malas-malasan menggunakan produk ini. Meski begitu, setelah saya mempelajari lebih dalam lagi tentang fungsi alkohol di sebuah produk skincare, akhirnya saya paham bahwa alkohol di produk ini memang dibutuhkan sebagai bahan pengawet. Toh, kalau dilihat, 92% bahan utamanya adalah aloe vera gel. Oh ya, jangan lupa, setelah menggunakan produk ini amannya sih tetap menggunakan produk-produk hidrasi lainnya.

Packaging
Menurut saya, packagingnya biasa saja, ya bahkan cenderung membuat kita repot. Jar nya besar dan ketika dibuka tutupnya langsung ke produk. Tidak ada lagi pembatas setelah tutup. Kalau dilihat-lihat, kemungkinan kontaminasi bakterinya besar ya. Selain itu, produknya pun banyak ya, sekitar 300 ml. Saya awalnya bingung, wah bagaimana cara menghabiskannya ya?

Saya berniat untuk segera menghabiskannya agar produk tidak semakin terkontaminasi bakteri. Memang, kalau kamu berminat membeli produk ini, saya pikir dibutuhkan komitmen yang besar untuk segera menghabiskannya. Jangan terlalu lama didiamkan saja, tidak pernah digunakan, khawatir ketika kita baru akan menggunakannya lagi, kita justru menggunakan produk yang penuh dengan bakteri jahat. 


Product & Scent
Produknya berbentuk gel (yaiyalah ya) berwarna bening. Wanginya ya khas aloe vera gel (di dalam produk ini ada ingredients parfumnya), tetapi wangi produk tidak terlalu menyengat sih.


Directions of Use
Cara saya pribadi menggunakannya adalah dengan menggunakan brush (bisa juga menggunakan spatula atau bahkan sendok) untuk mengambil produknya kemudian langsung dioleskan ke wajah. Saya ratakan ke seluruh wajah dengan produk yang agak tebal. Hal ini karena saya memaksudkan produk ini sebagai wash off mask.

Saya pribadi menggunakannya di pagi dan terkadang malam hari. Khususnya, saya menggunakannya di waktu mandi saya. 

Pada pagi hari, saya membilas wajah dengan air, kemudian mengusapkan hydrating toner baru kemudian masker ini. Pada beberapa pagi, setelah saya membilas wajah dengan air, saya langsung menggunakan masker ini (lalu mandi) baru setelahnya menggunakan hydrating toner (biasanya kalau pagi saya skip exfoliating toner), serum (bisa juga skip kalau buru-buru, pelembap, dan sunscreen. 

Pada malam hari, saya akan memulainya dengan double cleansing, kemudian menggunakan exfoliating toner, kemudian masker ini (saya diamkan selama durasi saya mandi), baru dilanjutkan dengan step hidrasi dan pelembap. 

Review
Menurut saya, kalau kamu menggunakannya secara rajin dan konsisten, kamu pasti bisa melihat hasilnya. Setelah menggunakan ini, saya melihat sendiri beruntusan yang semakin berkurang. Saya senang menggunakan produk ini ketika mandi, karena bisa juga 'melindungi' wajah saya dari air, apalagi kalau saya sedang ingin mandi menggunakan air hangat (kulit wajah saya kering, kalau sering terkena air hangat, akan terasa lebih kering lagi).

Selain itu, saya membeli produk ini dengan harga yang sangat terjangkau. Di website Althea, produk ini sering mendapat disko. Harga awalnya Rp148.500, tetapi saya membelinya hanya sebesar Rp47.430. Murah sekali bukan? Akan tetapi, produk ini belakangan sering kosong. Kalau kamu tertarik membelinya, saya lihat, sudah banyak sekali kok online seller di Instagram yang juga menjual produk ini. Kamu bisa mencarinya dengan melakukan pencarian #jualaloeveragel

Saya sudah menghabiskan lebih dari setengah jar produk ini. Saya juga sudah mulai mencari lagi produk ini untuk re-purchase. Saya masih akan bertahan dengan produk dengan merk Nature Republic sepertinya. Sebenarnya produk serupa juga hadir dalam bentuk mist. Saya juga ingin mencobanya apabila nanti berkesempatan (re: banyak produk skincare yang menunggu antrian untuk dibeli wkwkwk)

Ada juga kah yang sudah mencoba produk ini? Apa kalian merasakan juga efek positifnya? Atau justru efek yang kurang menyenangkan?

Ps: Produk ini memberikan dampak yang positif di kulit saya, namun belum tentu memberikan dampak yang sama di kulit kamu. Apabila kamu memiliki dokter kulit khusus, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulitmu. Kalau kamu seperti saya yang senang mencoba beberapa produk skincare, silakan saja, toh ini produk over the counter. Meski begitu, kalau kamu merasakan reaksi tidak menyenangkan seperti iritasi, tentu ada baiknya kamu berhenti.

Love,
@bungaazzahra

You Might Also Like

19 comments

  1. Kak, ada info berapa lama produknya masih baik sejak tanggal dibuka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kemasan sih tidak tertulis shelf timenya berapa lama ya, namun kalau aku pribadi sih berusaha semaksimal mungkin menghabiskannya dalam kurun waktu 6 bulan hingga 1 tahun. beberapa produk ada yang masih bisa digunakan hingga maksimal sekali 2 tahun, tetapi untuk kemasan yang sangat terbuka seperti ini aku pribadi sih berusaha secepat mungkin habis semakin baik.

      Delete
  2. ohiya kak, web althea sedang redline nah untuk aplikasi althea di smartphone apakah tetap bisa untuk Indonesia ya? terima kasih

    ReplyDelete
  3. Nature republik memang bagus bgt aku udh coba 3 mingguan,ga perlu lagi deh pake skincare terlalu Banyak ,tp hati hati ya beautis banyak yg palsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa infoin kamu belinya dimana kak? takut dapat yg palsu, makasih.

      Delete
    2. Hay sedikit info kalo aku jg pake ini dan belinya di @acv.padang

      Delete
  4. Kak mau tanya kalo kaka ngilangin bruntusan pake ini brp lama ya?

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. menyimpan produknya lebih baik dimana ya ka ?

    ReplyDelete
  7. Untuk daerah palembang, kalian bisa pesen di @mjtics.shop (IG) aku jg pesen disana dan aslii 💓

    ReplyDelete
  8. Halo kaaa, aku baca nya keren deh :) kalau daerah bogor beli yang asli dimana ya?

    ReplyDelete
  9. Kalian yang mau bisa cek ig @ollakosmetikshop . Saya pribadi beli disitu dan asli beli langsung di store nature yang ada di Jakarta . Hati-hati yaa katanya lagi banyak beredar yang palsu

    ReplyDelete
  10. wah pelembab kulit yang sangat bagus untuk kulit

    ReplyDelete
  11. Sya pake ini malah bruntusan parah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kulitmu ngga cocok pake itu, ato kl ngga kmu beli yang g ori

      Delete
  12. https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScSmcbP7fIufY4DlQH_5et4MgAt-BFAVcz51K5CQjAQ59Pzsg/viewform?usp=sf_link

    Kak aku minta bantuannya dong buat isi kuesioner aku. Kuesionernya tentang soothing gel nature kak, dan kebetulan kaka lagi ngereview produk ini. Bisa disebar juga ke temen temen kaka yg pake produk ini. Sebelumnya makasih banyak kaa.

    ReplyDelete
  13. banyak banget yang ngerekomendasikan aloe vera NR ini, jadi penasaran ingin nyobaa

    ReplyDelete
  14. baeknya nyimpennya dmna sih?
    trus kalo mw pake harus pake sabun wajah dulu gk sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya, sebelum menggunakan gel NR ini wajah sudah dalam keadaan bersih sist ☺.

      Aku pribadi pake jg, kebetulan kulitku lumayan oily. Tapi yg bagusnya dari produk ini, gak bikin kulit nambah oily kok. Apalagi kalo dipake sebelum pake makeup, hasilnya bagus bikin makeup jadi awet.

      Delete

Haniva Az Zahra. Powered by Blogger.