Book's Review + Giveaway "One" oleh Saran Crossan

8:14:00 AM

Satu minggu terakhir ini, saya berhasil membaca buku berjudul "One" dari Sarah Crossan. Buku ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Penerbit Spring. Secara umum, menurut saya buku ini menarik. Buku ini masih tergolong genre Young Adult. Sejujurnya, saya baru pertama kali membaca novel yang tokoh utamanya adalah dua orang anak kembar siam.


Judul: One
Penulis: Saran Crossan
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: Prisca Primasari
Penerbit: Spring
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, Februari 2017
Halaman: 413
ISBN: 9786026044310

Jenis kembar siam yang dimiliki Grace dan Tippi ischiopagus tripus. Mereka memiliki dua kepala, dua jantung, dua set paru-paru dan ginjal, empat tangan, dan sepasang kaki yang berfungsi sepenuhnya. Usus mereka awalnya terpisah, dan di bawah itu mereka satu (read: di novel dituliskan demikian, tetapi saya pikir di bawah itu mengarah ke organ kelamin kan ya?). Sekarang kamu terbayang kan Grace dan Tippi itu kembar siam yang seperti apa?

Sudah menjadi kebiasaan saya ketika membaca buku ditambah lagi dengan fakta saya sebagai seorang psikolog, saya akan langsung berempati dan wondering, bagaimana menjalani hidup sebagai sepasang anak kembar siam? Bagaimana kehidupan orang tuanya? Saudara kandung? Apakah orang-orang di lingkungan sekitar mereka mampu berempati dengan baik? Atau jangan-jangan Grace dan Tippi menjalani kehidupan yang sangat berat sebagai penyandang ‘disabilitas’?

Hal yang membuat hati lega adalah penggambaran keluarga Grace dan Tippi yang (seperti biasanya dan seharusnya) sangat mendukung Grace dan Tippi untuk bisa mandiri mengurus diri mereka sendiri dan menjalani kehidupan ‘mendekati normal’. Adik mereka, yang mereka panggil Dragon, punya tingkat empati yang baik. Ibu, seperti biasa, digambarkan sebagai seseorang yang selalu khawatir dan Ayah yang menunjukkan rasa sayang serta selalu memberikan dukungan. Ada juga Grammie yang tinggal satu rumah dengan mereka (Grammie itu panggilan mereka untuk nenek bukan ya? hehe).

Salah satu yang hebat adalah mereka sempat diceritakan pergi ke warung untuk membeli sesuatu. Bukan upaya yang mudah, namun tetap saya acungi jempol karena di sekitar saya, dalam pengalaman saya, jarang sekali anak dengan disabilitas yang dididik untuk sedemikian mandiri, sehingga tidak hanya mampu mengurus diri sendiri, namun juga membantu pekerjaan sehari-hari.

Seperti biasa pula pada awalnya mereka mengikuti homeschooling. Program pendidikan yang tepat dan melindungi harga diri mereka dari pandangan tidak menyenangkan dari orang lain. Akan tetapi, kondisi ekonomi keluarga berubah, Grace dan Tippi harus melanjutkan pendidikan ke sekolah reguler. Pemerintah memfasilitasi mereka di salah satu sekolah swasta “Hornbeacon High”

Setelahnya mulai terjadi hal-hal yang berbeda. Tentu saja, perubahan yang drastis bukan? Bayangkan kamu menjadi mereka, sebelumnya kamu aman berada di sekitaran rumah dan sekarang kamu harus berangkat ke sekolah umum? Harus menghadapi tatapan orang lain setiap harinya. Butuh mental yang kuat untuk menjalankannya bukan? Untungnya mereka ‘memiliki’ Yasmeen dan Jon yang menganggap Grace dan Tippi sebagai dua orang murid baru (Grace dan Tippi sepertinya hampir biasa kalau mereka dianggap hanya satu).

Hal-hal menarik dari buku ini semakin dan semakin cepat datang secepat saya membuka halama-halaman selanjutnya.

Pertama: Buku ini berisi cerita tidak disampaikan dalam narasi biasa. Cerita disampaikan dalam bentuk seperti puisi. Terdapat judul di atasnya dan cerita dikemas dalam ‘bait-bait’ bahkan hingga tipografi yang tidak biasa seperti layaknya puisi. Buku ini tentu menjadi lebih mudah untuk kamu ingat kan?

Kedua: Sejujurnya buku ini memberi tahu saya tentang menjalani kehidupan sebagai sepasang anak kembar siam. Harus bersama-sama terus meski ketika ingin sendiri. Harus berbagi meski mungkin ada yang ingin dimiliki sendiri saja. Harus saling menguatkan, bekerja sama, dan terus menerus mengalah dan menerima. Sebelumnya saya hanya bisa membayangkan sekedarnya, namun sekarang jadi lebih dalam.

Ketiga: Hal yang menarik dari buku ini adalah terjemahan yang menurut saya cukup nyaman dibaca. Good job Penerbit Spring! Saya tidak terlalu bingung atau harus membaca ulang sebuah kalimat untuk memahami maksudnya. Saya juga cukup tertarik dengan halaman muka yang kalau diperhatikan penuh filosofis. Sederhananya, walaupun judulnya "One", gambar dalam diri dua orang tersebut digambarkan berbeda. Kita pasti mengetahui bersama, tidak ada orang yang sama di dunia ini, sekalipun anak kembar, sekalipun kembar siam. Buku ini juga dilengkapi dengan pembatas buku yang unik sekali bentungnya. Khas penerbit Spring! Hanya saja, menurut saya pribadi, akan lebih menyenangkan apabila ukurannya diperbesar sedikit.

Buku ini menjadi buku menarik yang bisa kamu selesaikan dalam waktu cepat. Cukup ringan dengan tema yang unik sehingga memungkinkan bagi kita mengambil pelajaran. Review lainnya dari buku ini kamu bisa dilihat disini ya!


Saya dan Penerbit Spring ingin ada lebih banyak orang yang membaca buku yang bagus ini. Oleh karena itu, ada satu ekslemplar bagi yang beruntung! Ayo ikut giveawaynya dan caranya adalah:

1. Ikuti akun resmi dari Penerbit Spring di Twitter, Instagram, dan Facebook
2. Ikuti akun Instagram saya agar tidak ketinggalan info giveaway selanjutnya. Saya berencana membuat tahun ini menjadi tahun giveaway haha
3. Bagikan postingan review + giveaway yang saya buat ini ke Facebook, Twitter, Instagrammu ya.. supaya semakin banyak yang ikutan! (lebih baik semuanya, boleh hanya salah satunya)
4. Berikan jawaban terbaikmu untuk pertanyaan “Menurutmu, apa hal-hal yang menyenangkan ketika kita terlahir menjadi seorang kembar siam?” (saya tahu pertanyaan tersebut bukan pertanyaan mudah dan biasa kan, biasanya kita akan fokus pada hal-hal yang tidak menyenangkannya dan itu ada banyak, sekarang ayo kita belajar berempati dari sudut pandang yang lebih positif ;))

Sampaikan jawaban terbaikmu di kolom komentar ya, dan saya akan membalas komentarmu apabila semua persayaratan sudah dipenuhi. Jangan lupa sertakan link/nama akun di Facebook, Twitter, dan Instagram mu ya, agar saya tahu kalau kamu sudah membantu untuk menyebarkan info review + giveaway buku One oleh Saran Crossan ini.  

Giveaway ini berlangsung mulai dari 20 April 2017 hingga 23 April 2017 ya. 

Oh ya, teman-teman saya juga secara bergiliran membuat review + giveaway dari buku One karya Saran Crossan ini. Kalau kamu ingin mengintip review mereka atau mengikuti juga giveaway di blog mereka, silakan ;) ps: kalau kamu ikut giveaway di semua blog teman saya, tentu peluang menang kamu jadi semakin besar ya? haha.

17-19 April 2017 disini 
18-20 April 2017 disini 
19-21 April 2017 disini 
dan,
21-23 April 2017 disini


UPDATE: 
Terima kasih untuk yang sudah berminat mengikuti giveaway #NovelOne ini. Untuk kali ini pemenangnya adalah Lina Ernawari (@tinkeirbell). Bagi yang belum beruntung, sampai jumpa di giveaway selanjutnya ya. Terima kasih

Love,
bungaazzahra

You Might Also Like

20 comments

  1. Syarat 1 sudah lengkap, follow penerbit spring melalui :
    FB = follow memakai akun : tary wilujeng / bleizher@yahoo.com
    Twitter = follow memakai akun : @taryhirata
    IG = follow memakai akun : @tarywilujeng

    Syarat 2 juga sudah, follow memakai akun @tarywilujeng

    Syarat 3 juga sudah. Share link twitter : https://twitter.com/taryhirata/status/854905071506685952
    Akun FB : tary wilujeng / bleizher@yahoo.com

    Syarat 4, jawaban : Menurutmu, apa hal-hal yang menyenangkan ketika kita terlahir menjadi seorang kembar siam? hal yang menyenangkan adalah bisa kemana-mana berdua, ada temannya dan nggak takut sendirian. Selalu ada teman ngobrol dan bermain. Lalu, bisa saling bekerja sama misal waktu ngerjakan tugas, PR atau bahkan contekan waktu ujian (hahahahaha). Kalau takut ke kamar mandi malem2 karena masih parno sehabis nonton film horor ada temennya yang bakal setia nganter ke kamar mandi. Oh ya, kalau mau usil dan mau ngebales usilan kembaran nggak usah jauh2 ngejar tinggal jewer/cubit disebelah (kan namanya kembar siam, nggak mungkin donk harus lari kejar2an). Kalau rebutan makanan juga nggak perlu lari kejar2an tinggal rebut disebelahnya (hehe)

    ReplyDelete
  2. @bety_19930114 (twitter/IG), Bety Kusumawardhani (FB)

    Aku mempunyai teman curhat terpercaya yg tidak mungkin membocorkan rahasia, pasti langsung ketahuan jika dia melakukannya.. Aku secara otomatis sudah menemukan belahan jiwa tanpa susah payah mencari, dia akan menjadi teman hidup yg setia dan siap sedia dalam 24 jam nonstop dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Jadi tidak perlu takut sendirian dan kesepian untuk melakukan rutinitas sehari-hari. Kembaran ku juga bisa bertugas sebagai jam alarm, klo dia bangun pasti aku juga ikut bangun tidur. Yg paling penting, keuntungan menjadi kembar siam adalah sholat kita pahalanya selalu 27 karena dimanapun kita berada pasti sholatnya bareng terus (berjamaah)..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. "Menurutmu, apa hal-hal yang menyenangkan ketika kita terlahir menjadi seorang kembar siam?”

    Bahwa kita tidak akan pernah sendirian. Ketika mungkin semua orang meninggalkan kita karena 'kelebihan' kita, masih akan ada seseorang yang pasti akan terus mendukung dan berada di samping kita. Bisa berlatih banyak hal setiap harinya, seperti berlatih kesabaran; saling mengerti; saling menyayangi; kegesitan; menjadi pendengar, penyemangat, dan penghibur; melatih kerjasama yang baik, dll.

    Akun twitter: @san_fairydevil

    ReplyDelete
  5. Twitter: @AdinRim
    Fb: Rimadian Ulfa Yusfia

    Hal-hal yang menyenangkan sebagai kembar siam itu bahwa saya bisa punya teman tanpa harus susah-susah mencarinya. Itu sisi positif menurut saya, mengingat saya itu tipikal orang yang nggak gampang cari teman.

    ReplyDelete
  6. Akun Fb: Yessie L Rismar
    Akun twitter & ig: @yessielrismar

    1. Done follow Penerbit Spring via Ig, Fb, twitter

    2. Done follow Ig Kak Bunga Azzahra

    3. Link share:
    Twitter:
    https://mobile.twitter.com/yessielrismar/status/855244684444094464?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9537930408

    Fb:
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1638674016162545&id=100000598868443

    Ig: (link-nya susah dicopas, Kak, tapi saya udah repost via ig)

    4. Hal menyenangkan jika terlahir sebagai kembar siam versi saya adalah nggak pernah sendirian.

    Bisa melakukan banyak hal secara bersama meskipun pastinya nggak mudah.

    Bisa lebih akrab dari hubungan adik-kakak yang lain.

    Bisa saling melengkapi. Misalnya saya suka buku, dia suka nonton. Jadinya bakalan seimbang.

    ReplyDelete
  7. Nama : Nisa
    Fb : khaisti
    Twitter : Opra_Cahayani
    Instagram : @khaisti_11
    Link share : https://twitter.com/Opra_Cahayani/status/855198942761320449

    Ada obat berjalan 😊
    Kadi di manapun, kapanpun ada selalu obat yang dengan senang hati memberikan senyuman, membagi semangat, menghapus sedih yang membuat hari kembali berwarna karena obat berjalanku 😊

    ReplyDelete
  8. Winda Scorfi // IG: roempibuku // https://www.instagram.com/p/BTJCRAjF1Pn/?taken-by=roempibuku

    “Menurutmu, apa hal-hal yang menyenangkan ketika kita terlahir menjadi seorang kembar siam?”

    I have (maybe) eternal partner in crime ~ bisa melakukan project besar bersama-sama, misal: membuat shelter untuk hewan yg terlantar; membuat rumah baca untuk anak jalanan; membuat rumah pohon untuk (kita berdua tentu saja); trus karena suka buku ~ bisa aja membuat bookish candle (dua ide lebih baik daripada satu kan), bahkan mungkin teman seperjalanan yang setia ketika travelling ke negara-negara di penjuru dunia ~ yang pasti kami tidak akan bisa saling menghibur ketika salah satu dari kami sedih ~ we are twins?! So the best thing we can do ~ is BEING HAPPY ALL THE TIME ~ supaya saudara kita juga bahagia ~ ^^v

    Thanks for the giveaway, I really love your IG feeds ~ its beautiful ^^

    ReplyDelete
  9. Akun Twitter: @FaraAstryani
    Link: https://twitter.com/FaraAstryani/status/855408435499745285

    Menurut aku sendiri yang menyenangkan bila terlahir menjadi kembar siam adalah penerimaan dan cinta yang tulus dari kembaran aku dan dapat berbagi cerita keseharian tanpa takut untuk disebarkan karena dia adalah bagian dari aku.

    Dia (kembaran aku) memiliki cinta yang tak memandang dari fisik seperti cinta ibu untuk anaknya sangat tulus. Dia seperti penjaga karena kita berdua selalu bersama, dia itu seperti kekuatan menjadikan aku tak takut untuk menghadapi dunia dengan pandangan sebelah mata mereka. Dan menurut aku menghadapi dunia dengan berdua bersama itulah yang paling menyenangkan karena dapat membuktikan kepada dunia jika dalam kondisi apa pun suka maupun duka mereka dapat melihat bahwa aku tidak pernah sendirian jadi mereka tidak akan memandang aku dengan tatapan mereka yang mengasihani.

    ReplyDelete
  10. IG: @desi_lest (link share:https://www.instagram.com/p/BTJ0GFNg_Hn/)
    Twitter: @n_desilestari (link share: https://twitter.com/n_desilestari/status/855446697140342784)
    Facebook: Mikaila Daisy (link share: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1907517642866637&id=100008252598256)
    1. Done
    2. Done
    3. Done
    4. Menurutku, hal yang menyenangkqn ketika kita terlahir sebagai kembar siam adalah kita tidak akan pernah sendirian dan kesepian bahkan sedetikpun. Kita bakal punya bahu tempat bersandar 24/7 (literary). Ikatan batin kita akan menjadi sangat kuat.Apapun yang kita rasakan bakal ada yang merasakannya sama. Kita bakal bisa merencanakan sesuatu yang hanya kita berdua yang tahu, melakukan hal-hal seru bersama, Pokoknya BFF yang bener-bener sehidup semati.

    ReplyDelete
  11. Menurutku, hal yang menyenangkan ketika kita terlahir menjadi seorang kembar siam adalah kita tidak sendirian dalam menghadapi dan mengalami semuanya karena ada kembaran kita yang merasakan hal yang sama. Kami bisa saling menguatkan di kala mengalami perasaan yang tidak menyenangkan. Bisa saling mendukung untuk meraih apa yang diinginkan. Bisa melakukan apapun bersama-sama hingga semua pekerjaan yang dilakukan lebih ringan. Intinya, kita tidak akan pernah sendirian karena ada kembaran kita yang akan selalu mendampingi, mendukung, dan berbagi apapun dalam hidup kita, bahkan lebih dari orangtua, saudara, ataupun kekasih.

    Twitter: @nunaalia
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/855658376281202688

    IG: @nunaalia
    Link share: https://www.instagram.com/p/BTLTf9FAF1H

    Fb: NunaaLia
    Link share: https://www.facebook.com/nunaa.lia.3/posts/862742853868318

    ReplyDelete
  12. Akun Facebook: Lina Ernawati
    Link share:
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1229633413802597&id=100002678510287&ref=bookmarks

    Akun Twitter: @Linaernaw
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/855718408901480448

    Akun instagram: @tinkeirbell
    Link share:
    https://www.instagram.com/p/BTLuLUqlrqQ/

    “Menurutmu, apa hal-hal yang menyenangkan ketika kita terlahir menjadi seorang kembar siam?”

    Memang tidak mudah menjalani kehidupan dengan tubuh menyatu, pasti ada keterbatasan ruang gerak. Tapi, dibalik itu semua, mereka yang terlahir kembar siam adalah orang-orang terpilih yang dianggap istimewa, karena memiliki dua kehidupan dalam satu tubuh. Mereka tidak akan pernah merasakan kesepian, karena mereka selalu memiliki teman yang mau diajak berbagi kehidupan sepanjang waktu. mereka bisa saling menjaga dan mengingatkan ketika jiwa yang satu mulai menuju ke arah yang berbeda.
    Mereka bisa menghadapi segala cobaan bersama-sama tanpa harus memikul beban seorang diri. Mereka bisa lebih kuat dari manusia yang memiliki fisik hampir sempurna. Mereka selalu menggunakan waktu untuk hal yang lebih berguna, dan mereka bisa mengatasi kesulitan dengan selalu bersabar dan ikhlas.
    Sebenarnya kunci kebahagiaan itu sederhana, selalu bersyukur atas semua yang tuhan berikan tanpa perlu memandang pada sesuatu yang lebih "tinggi derajatnya" daripada kita.

    ReplyDelete
  13. Twitter : @muliyani


    Hal yang menyenangkan terlahir sebagai anak kembar siam. Mungkin bisa selalu bersama kemanapun. ngak perlu takut kalau malem-malem pingin ke kamar mandi atau dapur. Ada yang akan selalu nemenin . Dan akan selalu ada orang di samping kita saat kita sedang bersedih...

    ReplyDelete
  14. Twitter : @frdliash
    Facebook : Fridalia Septiarini Hidayat
    Ig : @fridaliash

    Jawaban :
    Hal yang menyenangkan Ketika kita terlahir sebagai kembar siam adalah kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk bersyukur. Bersyukur karena dipercaya oleh Tuhan untuk diberikan 'ujian kenikmatan'ini. Bukankah Tuhan tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan umatnya. So, kita harus bersyukur jika terlahir sebagai kembar siam karena itu artinya Tuhan percaya kita mampu melewati ini:)
    Oh iya dengan kembar siam tentu kita tidak akan merasa kesepian dan ketakutan. Kita ga perlu nyari temen untuk keluar rumah malam² atau nonton film horror. Kita juga ngga usah jauh² nyari temen kalau mau curhat. Akan selalu ada kembaran siam kita yang siap sedia.
    Hal yang menyenangkan lain, akan ada orang yang menyempurnakan ide kita juga membantu kita merealisasikannya. Jadi ngga usah ngerepotin orang lain, hehe

    ReplyDelete
  15. Nama: Najwa Fadhilatunnisa
    Akun: najwafadh (twitter), thinkerbellas (ig), Najwa Fadhilatunnisa (fb)
    Link Share:
    (Via Twitter)
    https://mobile.twitter.com/najwafadh/status/855770291212926976
    (Via instagram) Aku post di story/snapgram dan sudah ku-mention akun Kak BungaπŸ™†

    Jawaban:
    Hal menyenangkan yang bisa dilakukan?
    Banyak banget! Apalagi kalau kitanya bersyukur dan terima dengan keadaan saat itu, pasti banyak bgt hikmah yang terkandung di dalamnya😍
    Di antaranya adalah perlindungan. Yep, terdengar biasa saja, tapi sesungguhnya ini pasti menyenangkan. Ketika kita merasa takut untuk berjalan sendiri, ada saudara yang selalu ada untuk mendampingi. Menggenggam tangan kita dan memberikan rasa aman satu sama lain.
    Bukan hanya "berjalan" dalam artian secara harfiah saja, termasuk ketika kita ingin berjalan ke depan. Berjalan & berlari mengejar mimpi. Kadang, ada keraguan "Memang aku bisa? Apa aku pantas?"
    Di situlah peran saudara dibutuhkan. Ia ada untuk menguatkan, memberikan dorongan ke depan agar kita dapat maju terus secara bersamaan. Bukankah menyenangkan bisa meraih tujuan bersama?😊

    Selain itu, hal menyenangkan lainnya adalah kita bisa intropeksi diri dengan mudah. Saudara itu tugasnya menyayangi dan mengingatkan ketika saudaranya yg lain melakukan kesalahan bukan? Nah di sinilah kita bisa saling mengevaluasi, mengingatkan, memotivasi dan memberi solusi supaya bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Menyenangkan sekali bukan untuk terus berusaha berada di jalan yg lurus bersama saudara? 😁
    Pokoknya banyak banget deh hal-hal yang bisa dilakukan dengan menyenangkan bersama saudara kembar siam seperti itu, dan hal-hal di atas merupakan hal yang terpenting yang bisa kita garis bawahi untuk lebih banyak bersyukur lagi.
    Terima kasih untuk kesempatannya, Kak Bunga! πŸ˜„

    ReplyDelete
  16. Facebook: Aulya Frizka Setyamien
    Twitter: @aulyafrizka

    Link share:
    Fb>>https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=773769379447362&id=100004429206731&ref=bookmarks

    Twitter>> https://mobile.twitter.com/aulyafrizka/status/855772288712556544?p=v

    Hal menyenangkan yang bisa dilakukan kembar siam? dengan dilandasi sikap yang bersyukur dan mau menerima keadaan itu, Tentu saja banyak yang bisa dilakukan: bisa menjadi teman curhat, teman berbagi kebersamaan, dapat membangun kerjasama yang baik, saling melindungi dan pokoknya ikatan batin seorang kembar siam pasti sangatlah kuat sehingga bisa saling mengerti dan memahami satu sama lain lebih dari siapa pun.

    ReplyDelete
  17. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Domisili: Semarang-jawa tengah
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/856107645626834944
    Jawaban:
    Hal yg menyenangkan saat kita terlahir menjadi kembar siam itu menurutku, sejak lahir kita sudah mempunyai saudara seumur yang juga sebagai teman kita seumuran. Apalagi gendernya sama, jadi saat dewasa nanti, kita bisa tukeran baju, jalan" kaya temen, tuker pikiran, sama sama ga cuma di rumah tai di sekolah bahkan dikelas yg sama:)

    ReplyDelete
  18. Nama : Fakhrina FM
    Domisili : Kraksaan, Probolinggo
    Fb : Fakhrina Fauzul M
    Ig : @fatin.naa
    Twitter : @fakhrina_fm
    Share di : twitter
    Jawaban : “Menurutmu, apa hal-hal yang menyenangkan ketika kita terlahir menjadi seorang kembar siam?” Menurut saya, ketika terlahir menjadi seorang kembar siam, saya senang sekali. Biasanya nih orang kembar banyak yang mengenali, "eh, si A dan si B kembar loh" "Wahh, dia kembar" "Ih kembar, susah bedakan si A dan si B nih" kebetulan saat ini saya banyak yang mengenali saya, hihihihi. Kalau punya kembaran itu seru dan enak, punya saudara yang seumuran. Biasanya saudara yang seumuran itu akrab banget (kecuali kalau lagi rebutan cowok, wkwkwkwkwkwk) dan seru kalau guyon, bisa diajak kerja sama dalam segala macam hal, ngejahilin ortu saat ultah, urunan beli ini itu, teman curhat, teman tengkar, dan teman yang spesial. Terus kalau kembar, kita bisa memiliki teman banyak. Pasti si A berteman dengan ini, ini, ini, ini dan si B berteman dengan ini, ini, ini, ini, ini, ujunh ujungnya kita bisa berteman dengan semua karena si A mengenalkan temannya kepada si B, begitu pula sebaliknya. Kalau punya kembaran bisa diminta tolongi :v minjem uang (kalau baik) dan bisa minta tolong menyakini ortu jik salah satu kembaran kit dilarang ini dan itu. Yaa, itu pemikiran saya kalau mempunyai kembaran, meskipun takdir saya adalah tidak mempunyai kembaran. Hihihihi. Terimakasih atas kesempatannya kak, maaf kata kata saya acak acakan. Hihihihi

    ReplyDelete
  19. Congrats for the winner πŸ’•πŸ’•

    ReplyDelete

Haniva Az Zahra. Powered by Blogger.