Book Review + Giveaway: The Girl on Paper

9:23:00 PM


Keterangan Buku
Judul: The Girl on Paper (La File de Papier)
Penulis: Guillaume Musso
Jumlah Halaman: 448 halaman
Penerjemah: Yudith Listriandri
Penyunting: Selsa Chintya
Proofreader: Titish A.K.
Design Cover: Chyntia Yanetha
Penebit: Spring
ISBN: 978-602-74322-4-6
Harga: Rp85.000

Buku ini bisa dibeli di toko buku kesayangan Anda atau bisa dibeli juga secara online disini 

Sinopsis
Gadis itu terjatuh dari dalam buku.

Hanya beberapa bulan yang lalu, Tom Boyd adalah seorang penulis miliarder yang tinggal di Los Angeles dan jatuh cinta pada seseorang pianis ternama bernama Aurore. Namun, setelah putusnya hubungan mereka yang terekspos secara publik, Tom menutup  dirinya, menderita writer’s block parah, dan tenggelam dalam alkohol dan obat terlarang.

Suatu malam, seorang gadis asing yang cantik muncul di teras rumah Tom. Dia mengaku sebagai Billie, karakter dalam novelnya, yang terjatuh di dunia nyata karena kesalahan cetak dalam buku terakhir Tom.

Meskipun cerita itu gila, Tom harus percaya bahwa gadis itu benar-benar Billie. Akhirnya mereka membuat perjanjian. Jika Tom mau menulis novel agar Billie bisa kembali ke dunianya, Billie akan membantu Tom untuk mendapatkan Aurore kembali.

Tidak ada ruginya, kan? Iya kan?

My First Impression
Kamu juga bisa membacanya di akun Goodreads saya disini. 

Oke baik, saya berkesempatan membaca Advance Reader Copy (ARC) dari buku ini. Buku ini akan hadir dalam beberapa hari ke depan. Semoga segera sampai di rumah. Tidak sabar membacanya hingga akhiiiiir. Jadi, buku ini yang ternyata adalah buku Perancis yang terkenal di Negara asalnya.  Hal yang mengagetkan juga mengagumkan adalah penerbit Spring (seseorang dibaliknya) sudah berencana untuk menerbitkannya di Indonesia bahkan sebelum penerbit Spring itu sendiri lahir (sumber akun Instagram @penerbitspring). Jadi intinya, proses 5 tahun untuk bisa ‘membawa’ buku ini ke Indonesia membuat buku ini “super-duper” bikin penasaran untuk dibaca *oke bahasa mulai berantakan*.

Ketika membaca 1-2 halaman awal. Saya sempat bingung. Ini semacam baca artikel berita. Ternyata memang begitu isinya. Halaman-halaman selanjutnya isinya ditulis seperti novel pada umumnya kok. Nah, inti ceritanya adalah tentang seorang penulis yang mengalami writer’s block. Oke, ini hal yang wajar banget ya? Kemudian penulis ini juga putus sama pacarnya yang pianis. Jadilah writer’s block ini menjadi semakin parah. Suatu hari, datanglah seorang perempuan. Ia mengaku sebagai tokoh dari novel yang sedang ditulis. Hah? Nah kayaknya ini yang buat novel ini jadi menarik ya. Ide kreatif penulis aslinya luar biasa.

Cerita selanjutnya adalah tokoh perempuan ini berusaha menyemangati si penulis novel. Nah, kira-kira bagaimana ya akhirnya? Super penasaran. Ya Allah, semoga bukunya segera sampai di rumah jadi saya bisa baca lanjutannya segera ya Allah.. aamiin.. 

Full Review
Beberapa hari setelahnya, akhirnya buku ini hadir dalam bentuk hard copy di tangan saya dan akhirnya saya punya kesempatan untuk menyelesaikannya. Saya membutuhkan kurang dari 24 jam untuk membacanya karena.. iya wajar saja sebenarnya, ini buku yang menarik.

4 of 5 stars.

Merupakan page turner book, saya hampir tidak mau melakukan aktivitas lain sebelum selesai membacanya. Saya menyelesaikan buku ini secepat-cepatnya karena penasaran cerita lanjutannya dan juga bagaimana endingnya.

*spoiler alert* Ending buku ini membuat hati senang kok. No sad ending!

Selain itu, ya saya senang dengan design covernya, sepertinya kalau dilihat di internet, Penerbit Spring berhasil membuat halaman muka yang menarik dan cantik, salah satu yang tercantik di seluruh dunia haha. Khas dari Penerbit Spring tuh sepertinya itu ya, selain terjemahannya yang enak untuk dibaca yaitu design cover yang menarik.

Buku ini juga dilengkapi oleh pembatas buku yang unik, bentuknya sama seperti yang ada di halaman buku, yaitu buku yang diatasnya ada gadis sedang duduk, bentuknya bukan persegi maupun persegi panjang seperti biasanya, bentuknya sesuai dengan pinggiran buku yang di atasnya ada gadis yang sedang duduk, haha kamu mengerti maksudku kah?   

Hal yang saya pelajari dari buku ini adalah kondisi psikologis seperti motivasi benar-benar merupakan hal yang menggerakkan seseorang. Ketika seseorang memiliki motif yang kuat, sebenarnya apapun bisa kita lakukan. Begitu juga Tom, ketika ia memiliki motif yang kuat untuk menulis buku ketiganya, inspirasi akhirnya datang, tidak perlu jauh-jauh, inspirasi yang menarik dan bombastis hampir selalu hadir dari hal-hal yang sangat dekat dengan diri kita.

Giveaway (yeay!)
Oke baik, saya senang sekali ‘meracun’ buku-buku yang menurut saya menyenangkan untuk dibaca serta dimiliki. Beberapa buku memang cukup kita baca untuk ikut merasakan antusiasme, tetapi memiliki beberapa buku membuat kita merasa lebih bahagia (Oh ya, dan kalau ini terjadi terus menerus, percayalah rumahmu akan seperti rumahku yang di setiap sudutnya bisa ditemukan rak buku haha).

Rules yang saya buat semoga cukup sederhana dan tidak membuatmu malas untuk mengikutinya demi mendapatkan buku secara gratis. Memang buku yang saya bagikan hanya satu, namun rezeki siapa yang tahu?

Rules untuk mengikuti giveaway ini adalah (ketiga rules wajib terpenuhi ya):
  1. Berikan komentar di postingan blog ini, ceritakan tentang alasan yang membuat kamu tertarik untuk membaca buku ini secara utuh.
  2. Coba tebak kira-kira bagaimana akhir dari cerita di buku ini? Apakah Tom akan mendapatkan kembali Aurore, berhasilkah Billie kembali ke dunia novel/fiksi? Atau bagaimana? Ceritakan juga di kolom komentar postingan blog ini.
  3. Silakan share link blog post ini ke Facebookmu dengan memberi tag pada akun Facebook Haniva Az Zahra (tidak harus berteman, cukup tag saja akun saya, Haniva Az Zahra, karena teman FB saya sudah mencapai limit maksimal 5000 orang) ATAU repost foto yang ada di blog post ini di akun Instagrammu dan jangan lupa tetap tag akun @bungaazzahra. Kamu juga bisa saja melakukan regram dari foto buku The Girl on Paper yang akan saya upload Minggu, 9 Oktober 2016 pukul 08.00 WIB (ingat, akun Instagram jangan diprivat agar saya bisa mendapat notifikasi tag dari kamu). 
Semoga kita bisa membuat lebih banyak orang ‘teracun’ penasaran untuk membaca buku ini. Satu hal yang pasti: buku ini mempunya akhir yang membuat saya kaget, tidak terpikir akan seperti ini, dan oleh karenanya buku ini pantas mendapatkan predikat sebagai buku yang menarik dan berhasil diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Salah satu jalan cerita yang original, dan cerdas! 

Pengumuman pemenang giveaway akan dilakukan paling cepat pada tanggal 11 Oktober 2016 dan buku akan dikirimkan paling cepat 23 Oktober 2016.

Oh ya, giveaway ini juga dilakukan di beberapa akun teman-teman saya, ini informasinya ya.


Pemenangnya adalah..
Mohon maaf sebelumnya saya butuh waktu untuk mengumumkan pemenangnya. Pekerjaan di kantor sedang sibuk-sibuknya jadi saya 'keteteran' juga menyelesaikan banyak hal. Terima kasih banyak untuk teman-teman yang memberikan komentar. Mohon maaf juga kalau masih ada kekurangan. Setelah saya membaca satu per satu komentar yang masuk, saya senang dengan jawaban dari:
Aqila Mutiara
Jadi, selamat, kamu pemenangnya ya. 

Silakan kirimkan Alamat dan No. HP kamu ke alamat emailku ya dear: haniva.az@gmail.com
Sampai jumpa di giveaway selanjutnya ;)

Untuk book review lainnya, kamu bisa melihatnya disini. Saya menulis pula beberapa rekomendasi untuk halaman Tumblr saya dalam #bukumingguini, kamu dapat melihat daftarnya disini. 

Love, 
bungaazzahra 

You Might Also Like

30 comments

  1. Nama : Jawahirul Arifah
    Akun FB : Jawahirul Arifah
    Akun IG : @j.arifah

    Jawaban :
    1. alasan tertarik membaca buku ini secara utuh ?
    karena cover bukunya bikin penasaran kak, unik dan cantik.
    mau tau novel romance perancis itu kaya gimana ya ka ? belum pernah baca, tapi kok sepertinya menarik.
    selain itu, berdasarkan review kakak aku jadi makin penasaran, itu kok si Billie bisa jatuh ke dunia nyata itu gimana ya ? dan juga pingin tau juga ka, itu kan si Tom dia depresi gitu ceritanya ka, mau tau motivasi apa yang akhirnya didapat si Tom sehingga bisa bangkit lagi ? melanjutkan ide-ide ceritanya ? sebagai penulis amatir, aku juga mau tau tips dan trik apa yang dilakukan Tom sehingga si Billie bisa jatuh ke dunia nyata ?

    2. kalo aku nebak akhir cerita ini happy ending, dimana si billie bisa kembali ke dunia buku lagi, dan untuk si Tom dia juga bisa dapet motivasi buat nerusin cerita yang terbengkalai. tapi untuk cinta si Tom sama Aurora, kayanya ngga jodoh deh kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  2. Assalamu'alaykum Kak Zahra..
    Yeaay aku juga mau coba ikutan give awaynya.. Alasan kenapa aku tertarik baca buku ini? Jujur nih kak, setiap kakak bikin review buku, aku pasti berkeinginan untuk baca itu buku,percaya aja kalau rekomendasi dari kakak pasti bagus hihi kayak The Little Prince yang kakak rekomendasiin. Nah alasan lain kenapa aku tertarik baca buku ini, karena setelah aku baca review yang kakak tulis, buku ini ngebuat imanjinasi kita melayang-melayang dan hati penuh tanya akan jalan cerita novel ini. Soalnya, alur ceritanya beda aja, menggabungkan dunia nyata dan dunia fiksi. Daaan aku pengen bermain-main dengan ikut merasakan lebih lama kisah Billie, Tom dan Aurora dengan baca utuh ceritanya. Sekalian juga biar otak dan hati bisa refreshing dengan kehidupan skripsi ini hehehe

    Nah buat endingnya, aku membayangkan kalau Billie ngga akan bisa balik lagi ke dunia buku. Mungkin di akhir-akhir cerita akan mengarah ke Billie yang bisa balik ke dunianya (penulis mau bikin kita greget), eh tapi akhirnya Billie hidup di dunia nyata. Kehadiran Billie juga akhirnya membuat hati Tom luluh, dia kemudian jatuh cinta dengan Billie. Dan Aurora, dia menyesal mengakhiri hubungannya dengan Tom, terus dia mau balikan lagi dengan Tom, tapi Tom sudah menaruh hatinya untuk orang lain. Huaaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dear, sepertinya kamu belum memenuhi rules nomor 3 ya? Atau kalau sudah silakan kabari saya lagi ya di komentar blog ini hehe terima kasih banyak sudah memberikan jawaban untuk GA ini :))

      Delete
    2. Aku sudah memenuhi rules nomor 3 yaa kak :))

      Delete
    3. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  3. Saya tertarik membaca buku ini setelah membaca reviewnya. Dari setiap review yg saya baca semua ngasih rate 4 of 5 stars,berarti bukunya worth it banget buat dimiliki. Kisahnya unik dan sebelumnya saya belum pernah membaca novel terjemahan dari Perancis. Penasaran banget ingin tau seluruh ceritanya. Selalu seru tiap membaca novel baru meskipun kisahnya ngga jauh dari cerita umum yaitu masalah cinta.
    Merujuk ke review ka bunga bahwa akhir ceritanya membuat hati senang *no sad ending,saya menebak akhirnya dengan bantuan Billie, Tom akhirnya bisa kembali pada Aurore. Tom berhasil mengatasi writer's block nya dan dapat menyelesaikan novel ketiganya sehingga Billie bisa kembali kedunianya (fiksi/novel)
    Demikian pendapat saya,mudah2an beruntung dapetin novel ini,amin😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  4. Alasan saya tertarik untuk membaca buku ini secara utuh? Karena jalan ceritanya yang unik dan tidak pasaran, jarang sekali bisa menemukan buku yang mencampurkan dua dimensi antara nyata dan tulisan, mungkin terkesan gila juga, sesuatu yang tidak nyata menjadi nyata, apalagi Tom sedang depresi. Yang membuat saya penasaran itu adalah cara Billie meyakinkan Tom bahwa dirinya dari novel dan berusaha membuat dirinya kembali ke novel dangan membantu Tom balikan dengan Aurore. Saya juga belum pernah membaca novel terjemahan dari Prancis, selain itu sepertinya alur cerita ini sulit di tebak dan membuat imajinasi berlarian pesat.

    Akhir ceritanya? Mungkin, Billie kembali ke novel, tapi setelah itu kembali ke dunia nyata karena jatuh cinta kepada Tom, lalu Aurore malah masuk ke novel dan dapet jodoh pangeran di sana. Itu perkiraan saya.
    Semoga berhasil.

    Akun Facebook : Rani Widiyans
    Instagram : @raniwidiyansyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  5. Nama: Aqila Mutiara Rizqyani A.
    Facebook: Aqila Mutiara
    IG: @aqilamutiara

    alasan tertarik membaca buku ini?
    Melihat cover bukunya yang eyecatching dan font nya yang manis menambah keserasian design covernya. saya adalah tipe orang yang sebelum membeli buku pasti liat covernya dulu hehe. walaupun sebenarnya isi dari buku tersebut adalah yang paling penting, tapi bagi saya design cover yang menarik menjadi nilai plus. setelah melihat review bukunya dari kak Bunga, saya rasa konsep dari buku ini memberi kesan "fresh" karena berbeda dengan buku - buku lainnya walaupun tetap sama tema ceritanya adalah kisah cinta, sehingga saya dibuat penasaran ingin membacanya. saya yakin, buku - buku yang telah di review oleh Kak Bunga adalah buku - buku yang bagus dan recommended!serta terkandung nilai - nilai moral yang bisa kita petik setelah membaca bukunya. oiya, saya juga sedang mencari buku untuk bahan bacaan di bulan Oktober, setelah liat buku ini greget bikin penasaran pingin baca kelanjutan ceritanyaa :)

    Kisah akhir ceritanya?
    saya mau nebak aja nihh kak. Sebenarnya misi utama Billie turun ke dunia nyata adalah untuk memperbaiki masalah kesalahan cetak di buku Tom agar alur cerita di buku itu bisa sesuai sebagaimana mestinya. Akhirnya Billie pun memutuskan turun ke dunia nyata dengan menyamar menjadi seorang pianis bernama Aurora. nahh Tom kan jatuh cinta sama Aurora, namun entah kenapa pada akhirnya hubungan mereka pun berakhir sehingga membuat hidup Tom pun hancur. kariernya sebagai seorang penulis terkenal pun berantakan. hal ini membuat Aurora alias Billie merasa bersalah melihat kondisi Tom yang makin memburuk karena mulai tenggelam dalam alkohol dan obat terlarang. akhirnya, Billie pun memutuskan untuk menunjukkan jati dirinya sebagai sosok tak nyata yaitu seorang karakter ciptaan Tom yang ada di dalam bukunya. Billie menunjukkan dirinya tanpa memberitahukan bahwa dirinya juga adalah Aurora. Bagi Tom, Billie bagaikan cahaya penerang hidupnya dikala ia berada dalam lingkaran kegelapan. Billie dan Tom pun membuat perjanjian. jika Tom berhasil menulis kembali, maka Billie akan membantu Tom untuk bisa bersatu kembali dengan Aurora. Seiring berjalannya waktu, setelah bertemu dengan Billie, hidup Tom pun kini membaik dan akhirnya ia berhasil bangkkit dan menulis buku kembali. entah ada unsur magis apa, setelah Tom berhasil melakukan janjinya, Billie pun berubah menjadi sosok manusia seutuhnya. Ia berubah menjadi seorang Aurora yang nyata, yang diidam - idamkan oleh Tom. Setelah bangkit dari keterpurukan hidupnya, Tom akhirnya bisa meraih 2 keberhasilan sekaligus. pertama, ia berhasil menulis bukunya kembali sehingga kariernya pun semakin terang hal ini telah menghapus image buruknya yang dulu. kedua, ia telah berhasil bersatu kembali dengan Aurora. Billie memang diciptakan untuk menjadi sosok yang tak nyata, namun ia tetap hidup menjadi cahaya dalam buku Tom. Sehingga membuat Tom bisa meraih kesuksesannya kembali sebagai seorang penulis terkenal. Tamat~

    Kira-kira begitu kak, menurut saya kisah akhirnya. ngalor - ngidul sih hehe tapi semoga Kak Bunga paham maksudnya. Terimakasih kak ^^
    Wish me luck!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Aqila, terima kasih untuk jawabannya ya. Akan tetapi kamu belum memenuhi rules nomor 3, apakah kamu menggunakan Instagram untuk repost foto saya? Soalnya akun Instagram kamu diprivat sehingga saya tidak mendapatkan notifikasi tag dari kamu, :)

      Delete
    2. Saya sudah memenuhi rules no 3. Boleh di cek lagi kak, sekarang sdh tidak di privat :)

      Delete
    3. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  6. FB : Humaira Balfas
    E-mail : humairabalfas5@gmail.com


    1. Ceritakan tentang alasan yang membuat kamu tertarik untuk membaca buku ini secara utuh.


    »» Aku tergelitik karena ide unik si penulis itu sendiri, imaginasi-nya sangat tinggi dan langka. Bagaimana si penulis memiliki imaginasi saat menulis sebuah buku yang di dalamnya ada imaginasi lain dari tokoh seorang penulis yang dibuatnya. Tentu saja jalan cerita yang aku ingin tau pasti dari buku ini, apalagi setelah membaca review-nya. Konflik dan eksekusi cerita yang menurutku keren ini. Juga covernya yang lucu dan eye catching ini. Ditambah rating yang diberikan dari beberapa review yang aku baca itu semuanya minimal 4 bintang.


    2. Coba tebak kira-kira bagaimana akhir dari cerita di buku ini? Apakah Tom akan mendapatkan kembali Aurore, berhasilkan Billie kembali ke dunia novel/fiksi? Atau bagaimana?


    »» Aku mengira Billie tetap tinggal. Misal saja saat Tom baru akan memulai kembali hubungan dengan Aurore, tapi di sisi lain Tom merasa ada yang berbeda. Perasaannya untuk Aurore kini dan dulu sudah berubah, hidupnya terasa berbeda, tak seperti saat ia menjalaninya dengan Billie. Tom yang mulai menyadari perasaannya, mulai enggan untuk melanjutkan novel yang salah cetak karena tau akan akibat dari kelanjutan hidupnya, kenyataan jika ia tak bisa bersama dengan Billie. Di sisi lain Billie pun merasakan hal yang sama, ketakutan jika ia akan berpisah dari Tom dan hanya akan hidup dalam ceritanya saja.

    Meski mustahil, tapi aku malah berpikir seperti itu. Billie pada akhirnya akan tetap hidup di dunia nyata juga berdampingan dengan Tom. Menyemangati Tom untuk bangkit, mengatasi writers block, menghasilkan karya-karya menakjubkan lagi dan best seller. Mungkin juga membuat kisah mereka berdua. :)


    *maaf kalo aku terlalu jauh berkhayal :D

    Done semua dan semoga beruntung :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  7. Kenapa aku tertarik baca buku ini?
    1. Konfliknya tidak biasa. Aku suka dengan ide tokoh novel yang jatuh dr buku yg ditulis penulisnya sendiri yang kemudian akan membantu sang penulis memperbaiki hidupnya. Dari judulnya sebenarnya aku berpikir akan menemukan kisah gadis kutu buku yang menarik. Ternyata lebih dari itu. Konfliknya lebih menarik dan aku yakin akan memberikan petualangan yang menyenangkan.
    2. Penulisnya dari Perancis. Meski aku bukan pengkonsumsi buku yang diproduksi oleh negeri romantis itu, fakta sudah banyak membuktikan bahwa Perancis telah banyak melahirkan pujangga dan penulis terkenal. Dan membaca karya penulis Perancis adalah impianku 😍😍... aku sangat-sangat penasaran dengan literatur Perancis seperti apa.

    Kalau aku harus menebak endingnya, aku rasa akan menjadi kisah yang rumit. Dalam hal ini aku menggunakan rumus ala bisa karena biasa. Bagaimana Tom yang sudah terbiasa dengan kehadiran Billie harus merelakannya ketika ia harus kembali ke dunianya yang sebenarnya. Aku nggak akan menyebut bahwa Tom akan mendapatkan Aurore kembali karena memng aku nggak berharap akan itu. Aku rasa Aurore nggak cocok untuk Tom yang lebih cocok itu Billie karena hanya yang ada disaat kita dalam kesulitan yang patut untuk dipertahankan. Yah walaupun kehadiran Billie karena kesalahan cetak, aku rasa kedatangannya bukan tanpa tujuan meski mungkin bukan untuk menambah daftar orang perempuan yang masuk dalam jajaran gadis-yang-pernah-mengisi-hati-Tom'. Aku yakin ia datang untuk mengajarkan banyak hal pada Tom tentang arti kehilangan dan bangkit dari keterpurukan. Aku rasa akan ada adegan bapering yang akan bikin aku sanggup gigit bantal kala membacanya πŸ˜ƒ
    Kalau buatku sih kayaknya Tom akan memutuskan untuk nggak mengembalikan Billie ke dunia asalnya 😁


    Oh iya kak aku sharenya di IG ya akun @sitasiska95
    Di FB nggak share krn nggak bs tag akun fb kakak. Ini optional, kan share di FB atau IG bukan wajib dua-duanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)
      Iya itu opsi kok, terima kasih ya..

      Delete
  8. IG : @tewtri

    1. Sebelumnya saya sudah nonton sebuah drama di mana anak dari penulisnya terseret masuk ke dalam webtoon dan menjadi tokoh utama wanitanya. Setelah nonton, otomatis timbul perasaan, 'Wah, seandainya tokoh-tokoh dalam novel juga bisa hidup dan melakukan perjalanan waktu semacam itu pasti nyenengin banget' dan tiba-tiba taraaa Penerbit Spring jawab angan-angan itu. Ini novel terjemahan Prancis. Isinya tentang keajaiban di mana mungkin sebagian besar penulis baik disadari atau tidak tentu pernah memikirkan 'kemungkinan' ini. Apalagi buat pembaca, ini mah impian yang wajib ada setiap kali buka novel. Dan karena saya adalah termasuk golongan pembaca, poin tersebut adalah latar belakang utama kenapa saya ingin baca buku ini secara utuh. Apa yah istilahnya, dreams come true? Selebihnya karena menurut beberapa reviewers buku ini tuh memuaskan entah dari segi teknik, cover, layout, ilustrasi sampai-sampai ratingnya jempol semua. Amazing.

    2. Karena berdasarkan spoiler alert dari Kakak buku ini no sad ending. Jadi, saya bakal tebak-tebak buah manggis saja. Ending bahagia bisa untuk Tom saja, Billie saja, Aurore saja atau ketiganya. Tapi, kalau kata saya si tukang baca dan seneng mimpi Billie bakal sama Tom. Serius ini sih maunya saya haha. Kalau begitu, artinya Billie nggak bisa balik ke dunia fiksi dong? Bisa. Dia di dunia fiksi sampai novelnya tamat. Setelah itu, yah tugasnya selesai. Saat itu hubungan seorang karakter dan penulisnya, antara dia juga Tom ikut berakhir. Tom udah menuhin tanggung jawabnya, Billie sudah bukan seseorang yang kehidupannya ia tentukan lagi. Billie bebas. Termasuk dalam urusan asmara. Saya rasa dia bakal menetap di dunia nyata sih. Karena untuk cinta, kayaknya nggak ada yang impossible.
    Lalu, untuk hubungan Tom-Aurore sepertinya memang bakal membaik tapi karena Tom lebih sering habisin waktu sama Billie, ngerasa kenal banget sama Billie secara dia yang bangun karakternya, Tom jadi nyaman. Cintanya ke Aurore berangusur-angsur pindah haluan. Yah begitulah keinginan saya πŸ˜‚πŸ˜‚ sehingga ending yang bahagia versi saya benar-benar terwujud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  9. Nama: Alyani Shabrina
    IG: alyaniistt
    Maafkan FB ku sudah tidak aktif kak :((

    Seriusss bangett buku ini bikin ak mupeng kakkkk!!! Ceritanya keren covernya kece ditambah lagi baca review dari kakak bikin ak jadi bersemangat ikutan give away ini. #serius ini nggak boong wkwk
    Intinya siih akuuu pengeeen banget bisa punya dan baca buku ini. Karena seperti yang kakak bilang memiliki itu punya kepuasan tersendiri, kebahagiaan kalau yang kakak bilang hihihi. Trusss ak juga penasaran karena buku ini berasal dari perancis!!! Salah satu kota yang suatu hari nanti akan aku kunjungi:3. Sedang belajar bahasa perancis juga karena ak sangat tertarik dengan semua hal yang berhubungan dengan perancis hahaha.
    Kalau dr aku sendiri sih ak punya pemikiran bahwa endingnya bakal berakhir sedikit dramatis sih jd setelah si karakter billie kembali ke dunia asalnya tom mulai kehilangan sosok billie yang selama ini jadi penyemamgatnya untuk terus menulis. Walaupun akhirnya hubungan Tom dan Aurore membaik dan Auore terlihat masih sangat menyukai Tom tapi yang Tom pikirkan selalu Billie, dannn ending nya Billie versi dunia nyata muncul namun dia nggak mengingat apapun tentang Tom dan Tom berusaha mendapatkan perhatian dari Billie. Pokoknya akhirnya Tom sama Billie!!! Wkwkk #hebohsendiri
    Terakhir semogaaaa aku bisa menang give away ini karenaaa bukunyaa super duper kece sepertinya dan karena harganya cukup mahal untuk anak kos di tanah rantau sepertiku hihihi. Seneng banget nemu blog kakak, salam kenal ya kakkk :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  10. Nama : Haura Azzury G.
    Instagram : @haurazzury_

    Aku penasaran dengan novel The Girl on Paper ini karena (wow!) novel ini berasal dari Prancis dan berlabelkan best seller di sana. Pastinya udah nggak diraguin lagi dong? Aku tertarik banget sama karya sastra dari sana, karena selama ini yang aku tau tentang Prancis paling cuma Menara Eiffel. Apalagi ini di luar zona nyaman baca aku yang biasanya cuma seputar Asia. Kan pengen gitu 'menjamah' karya sastra dari luar Asia.

    Dari segi cerita, biasanya novel terjemahan punya keunikan tersendiri. Beda dengan novel Indonesia yang biasanya hanya berputar pada kisah cinta anak SMA. Aku menyetujui banget karena ide cerita novel ini amat sangat unik menurutku. Gadis yang terjatuh dari buku. Kalo ngikutin kata akal, sampe gajah langsing juga nggak bakal mungkin karakter fiksi bisa tiba-tiba nongol di dunia nyata. Tapi hal yang nggak masuk akal inilah yang menjadi keunikan tersendiri bagi novel ini. Tadi juga dikatakan pada halaman 1-2 ceritanya tampak seperti artikel. Berarti si penulis punya gaya menulis yang cukup unik. Jarang-jarang kan cerita diawali dengan artikel. Udah nggak diraguin lagi, deh!

    Dari segi tampilan, aku juga tertarik karena kavernya yang ucul-ucul gemes gitu wkwk. Cewek yang duduk di atas buku, bener-bener menggambarkan ceritanya. Abis itu blurb-nya yang unique sangat, bikin penasarannya makin plus-plus. Selain itu, aku juga tertarik karena novel ini diterbitkan oleh Penerbit Spring yang merupakan adeadeannya(?) Penerbit Haru. Pokoknya Haru and family tuh very trusted! Aku juga baca curhatan Pak Man yang menceritakan perjuangan Haru selama hampir lima tahun demi bisa menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Pastinya cerita ini berkesan banget sampe Haru yang kualitas tinggi aja ngebet buat nerjemahin.

    Tebakan aku untuk endingnya, rada nggak rela sih kalo Tom malah sama Aurore. Aku lebih seneng kalo Tom sama Billie walaupun mereka beda spesies. LDR aja kenapa, sih? Wkwk ngawur kan. Aku tebak bakal ada keajaiban yang bikin Billie tetep bertahan di dunia nyata meskipun Tom udah berhasil lanjut ceritanya. Atau mungkin sebaliknya, Tom masuk ke dunia fiksi dan hidup sama Billie di sana. Keajaiban apakah itu? C-I-N-T-A. ❤❤ wish me luck ❤❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  11. Instagram: @murniaya

    1. Mengapa tertarik dengan novel ini?

    Premis novel ini bukan tipe yang pasaran meski ini bukanlah jenis cerita yang pertama kali aku temukan. Aku pernah menonton sebuah movie, judulnya Ruby. Pernah nonton nggak? Inti ceritanya mirip seperti novel ini, yaitu tokoh wanita yang dikarang oleh si penulis malah muncul di hadapan si penulis secara nyata. Tetapi cerita selebihnya sih berbeda. Tidak ada writer's block apalagi terjerumus dalam dunia hura-hura.

    Kalau menyimak cerita di buku rasanya lebih bisa menghayati daripada di movie karena kalau versi novel itu semuanya lebih detil, lebih banyak penggalan cerita selingan yang memperkaya novel itu sendiri. Nah, itulah yang aku rasa dimiliki oleh The Girl on Paper melalui beberapa review-nya yang sudah kubaca. Dengan halaman yang cukup tebal, aku meyakini konflik di novel ini lebih banyak dan seru ketimbang movie yang pernah kutonton itu.

    2. Coba tebak bagaimana ending-nya?

    Euh, people said there's a twist at the end of this book, termasuk dari kamu juga bilang begitu kan, Bunga. But I really don't have any idea seperti apa jadinya. Tapi berhubung harus dijawab, ya sudah, aku coba jawab saja. :)

    Kira-kira nanti ending-nya Tom berhasil nyelesaiin novelnya yang tersendat itu dengan bantuan Billie. Lalu Billie menghilang, dia dapat kembali lagi ke dunia asalnya, sementara Tom sudah mulai mencintai Billie. Sebelum itu, Tom nggak berhasil dapetin Aurora lagi. Hidup Tom hampa. Kemudian tanpa disengaja Tom bertemu seseorang yang fisiknya mirip sekali dengan Billie, tapi dia bukan Billie. Tom memilih kenalan dengan cewek itu karena dia rindu pada Billie. Entah bagaimana caranya, Tom akhirnya tahu kalau cewek itu ternyata memang Billie. Dia disuruh oleh teman Tom untuk menyamar menjadi salah satu karakter di novel Billie demi membawanya kembali menjadi lelaki baik dan tak lagi jadi pecandu. Cewek itu serba tahu tentang Billie karena ia sudah membaca script novel Tom secara penuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah tertarik ikut GA ini ya, kamu sudah melengkapi semua rules yang diminta. Semoga beruntung ;)

      Delete
  12. Nama: Nika Kaasih Paradewi
    IG: @nikakaasihp
    FB: Nika Kaasih Paradewi

    1. Alasan tertarik membaca buku ini
    Saya tertarik membaca buku ini karena saya terhasut dengan pendapat Kak Zahra yang menyebutkan kalau buku ini seru dan bagus. Seperti yang Kak Zahra sebut, buku ini sulit untuk ditinggalkan sebelum selesai membacanya, berarti cerita buku ini memang seru. Saya jadi semakin tertarik dan penasaran dengan buku ini setelah melihat bahwa di Amazon, buku ini mendapat lima bintang! Saya pernah membaca buku lain yang juga berbintang lima, dan memang benar-benar seruuu! I wish I can read it soon and enjoy the story.

    2. Ending cerita The Girl on Paper
    Di akhir cerita, Billie kembali lagi ke dunia cerita karena Tom berhasil mengatasi writer’s block-nya. Tom tidak bersama dengan Aurore lagi karena ternyata Aurore punya rahasia besar yang buruk buat Tom. Tom tahu rahasia itu karena bantuan Billie. Setelah mengetahui rahasia buruk Aurore, Tom sadar dan tidak lagi kecanduan alkohol dan obat-obatan. Tom kemudian bahagia dengan hidupnya dan memutuskan untuk pindah dari LA, dan bertemu dengan wanita cantik, seorang petualang. Tidak seperti Aurore, tapi juga tidak seperti Billie. Bersama wanita tersebut, Tom berhasil membuat cerita–cerita baru membuatnya lebih terkenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear mbak Nika, terima kasih untuk jawabannya ya. Akan tetapi kamu belum memenuhi rules nomor 3, apakah kamu menggunakan Instagram untuk repost foto saya? Soalnya akun Instagram kamu diprivat sehingga saya tidak mendapatkan notifikasi tag dari kamu, :)

      Delete

Haniva Az Zahra. Powered by Blogger.