Review Buku: Yang Aku Tahu dengan Pasti

11:06:00 PM


Buku ini berisi esai yang menceritakan kehidupan Oprah Winfrey dan hal-hal yang ia ketahui dengan pasti. Hal yang menarik dari buku ini adalah apa-apa yang kita ketahui dengan pasti saat ini bisa jadi bukan hal yang kita yakini lagi di waktu yang akan datang. Bisa jadi, karena waktu merubah banyak hal. Waktu membuat kita menua, menjadi lebih banyak pengetahuan, punya kesempatan mengembangkan pola pikir. Kita akan belajar hal yang baru di setiap pengalaman hidup. Oleh karena itu, yang aku tahu dengan pasti sifatnya berlaku saat ini. Mungkin sama di waktu yang akan datang, mungkin berbeda.

Buku ini saya beli online disini. Meski begitu, buku ini juga bisa dibeli disini dan disini. Sebenarnya bisa pula membeli di toko buku terdekat kalau ada dan kebetulan mampir.

Ada beberapa bab dalam buku ini. Setiap bab diberi judul seperti Kegembiraan, Kelenturan, Keterhubungan, Syukur, Kemungkinan, Takjub, Kejelasan, dan Daya. Ada 8 bab yang menjelaskan pengalaman Oprah yang hikmahnya membuat dirinya merasa. Apa yang saya pelajari dari buku ini? Banyak. Saya akan menuliskan kutipan pelajaran yang menarik menurut saya pada setiap bab bukunya.

Kegembiraan
  • Di dalam hidup, Anda pasti punya pilihan. Aku berharap Anda tidak terlalu terperangkap dalam hal-hal yang tak penting sehingga Anda lupa untuk menikmati diri.
  • Kenikmatan adalah energi timbal balik: Apa yang Anda berikan akan kembali kepada Anda. 
Kelenturan
  • Sungguh suatu berkat yang luar biasa untuk bisa tetap hidup setelah menghadapi tantangan, untuk bisa meletakkan satu kaki di depan kaki yang lain, untuk berada di posisi mendaki gunung kehidupan, mengetahui bahwa puncak gunung masih ada di depan. 
Keterhubungan 
  • Aku tahu bahwa relasi yang dibangun di atas cinta sejati memang terasa menyenangkan, Seharusnya relasi itu mendatangkan kegembiraan, bukan hanya sekali, tapi pada sebagian besar waktu. Seharusnya relasi tidak mewajibkan Anda kehilangan suara Anda, penghormatan diri Anda, atau martabat Anda.
Syukur 
  • Aku telah menemukan kekuatan dan kenikmatan dari sikap bersyukur. Aku membuat jurnal syukur selama satu dekade penuh tanpa pernah lalai dan mendorong setiap orang yang aku kenal untuk melakukan hal yang sama. 
  • Aku tahu dengan pasti, bahwa hanya dengan mengakui serta memiliki siapa dan apa diri kita, kita dapat memasuki kepenuhan hidup. Aku merasa kasihan pada semua orang yang percaya kepada mitos bahwa diri kita masih bisa menjadi diri kita yang dulu. Jalan menuju kehidupan terbaik kita bukanlah pengingkaran. Tapi memiliki setiap momen dan berada 'di-sini dan di saat ini'. Anda bukanlah orang yang sama dengan diri Anda sepuluh tahun yang lalu. Inti dari penuaan adalah perubahan. 
Kemungkinan 
  • Anda tidak bisa mengubah apa yang tak Anda ketahui. Neale Donald Walsch berkata "Selama Anda mencemaskan apa yang orang pikir tentang Anda, Anda dimiliki oleh mereka. Hanya ketika Anda tidak memerlukan persetujuan dari luar diri Anda-lah Anda bisa memiliki diri Anda sendiri."
  • Dan dibalik setiap pikiran dan pilihan itu, terletak niat terdalam. Apakah niatku yang sesungguhnya?
  • Pasangan yang tetap bertahan di pernikahan yang tidak seharusnya mereka pertahankan, hanya karena niat mereka itu menikah, dan bukan terpuaskan. Pada akhirnya, masing-masing memiliki relasi yang tidak menghormati intimasi, pertumbuhan, atau membangun kehidupan yang kuat. 
  • Ketahuilah, bahwa kebenaran adalah apa yang terasa benar dan enak dan mencintai. Cinta itu terasa enak. Itu adalah apa yang memperbolehkan Anda untuk hidup setiap hari dengan integritas. 
  • Aku hidup dalam keadaan puas yang sangat menyenangkan (inilah rumusan tentang kebahagiaan), digerakkan oleh gairah pada segala sesuatu yang akan abdikan: pekerjaanku, rekan kerja, rumahku, syukurku, untuk setiap nafas yang dihirup dalam kebebasan dan damai. Dan yang lebih mempermanis lagi adalah mengetahui dengan pasti bahwa aku menciptakan kebahagiaan ini berdasarkan pilihan.  
Takjub
  • Bagiku, spirit (ruh) adalah esensi dari diri kita. Dan kunci kepada esensi diri ini adalah sekadar menyadari saat ini. Ini merumuskan kembali apa artinya menjadi manusia yang hidup. 
  • Terang dalam hidup Anda datang dan masuk, setiap kali melalui satu hirupan nafas yang disadari. 
Kejelasan 
  • Anda perlu memberi saat istirahat kepada diri Anda. Ruang bernapas harus menjadi bagian dari rutinitas harianku. Hanya karena kau tahu aku mempunyai sepuluh menit bebas di kalenderku bukan berarti aku ingin mengisinya. 
  • Ketika Anda merawat dan mendukung tubuh Anda, ia akan membalas secara setimpal. 
Daya  
  • Seorang ibu frustasi karena anaknya tidak mau tidur di tempat tidurnya sendiri. Ia bertengkar dengan anaknya, anaknya menangis sampai ia runtuh karena kelelahan. Dr. Stanley Turecki mengatakan "Tidak akan ada yang terjadi sampai Anda memutuskan". Anan berusia tiga tahun itu tidak mau tidur karena ibunya belum memutuskan. Jika ibunya sudah memutuskan, anak akan pergi ke tempat tidurnya. Mungkin dia menangis, tapi dia menyadari ibunya telah memutuskan. 
  • Aku telah bekerja keras untuk segala sesuatu yang aku miliki. 
  • Kebahagiaan tidak pernah merupakan sesuatu yang Anda dapatkan dari orang lain. Kebahagiaan yang Anda rasakan akan berbanding lurus dengan cinta yang bisa Anda berikan. 
Kutipan tersebut tentunya tidak cukup menggambarkan pelajaran hidup yang saya dapatkan. Membacanya secara utuh membuat saya lebih memahami latar belakang mengapa Oprah sampai di pemikiran tersebut. Bisa jadi, kalau kamu membacanya, kamu akan menemukan pelajaran hidup lain yang bersinggungan dengan hidup kita saat ini.

Saya juga senang memahami suatu bacaan, cerita, perilaku orang lain berdasarkan pengalaman hidupnya. Itu membuat saya merasa lebih mampu berempati. Itu membuat saya merasa segala hal wajar saja terjadi. Serta semakin menguatkan bahwa seperti apapun kita sekarang, semuanya dibentuk oleh masa lalu yang kita miliki. Dan seperti apa kita sekarang perlu kita syukuri baik buruknya, meski untuk kelemahan kita selalu punya ruang untuk memperbaiki diri.

Oprah lahir dari kehamilan yang tidak diinginkan. Orang tuanya tidak menikah oleh karena itu semasa kecil ia tidak mendapatkan attachment dari orang tuanya. 'Kasih sayang' yang ia terima hanyalah dari kakek dan neneknya yang sudah terlampau tua. Ketika remaja, ia begitu tergila-gila dengan kenyataan bahwa ada laki-laki yang menginginkannya. Ia hamil dan mengalami berbagai pelecehan seksual. Banyak kegagalan ditambah dengan kondisi penuh rasisme yang membuat Oprah tidak memiliki banyak kesempatan untuk berkembang. Ia merupakan salah seorang yang obesitas dan perihal berat badan lebih dari sekedar aktivitas makan yang berlebihan namun belakangan ia pahami sebagai bukti merasa tidak berharga. Hingga akhirnya Oprah menemukan passionnya untuk mendengarkan cerita orang lain. Oprah keluar dari zona nyaman dan membiarkan dirinya belajar hal yang baru, beradaptasi, merasakan perubahan, hingga akhirnya Oprah menjadi yang kita kenal sekarang. Oprah membantu banyak orang, hingga suatu masa ia pernah merasa membantu orang lain hanyalah rutinitas. Ia menyadari itu bukan hal yang baik. Hal yang menarik: Oprah berhasil mengambil banyak hikmah dari lika-liku hidupnya dan berbagi dengan orang lain.

Pada dasarnya saya senang membaca buku yang bisa memberikan banyak hikmah hidup dan memberikan kesempatan kepada saya belajar dari pengalaman orang lain. Buku ini menjadi salah satu buku yang sangat saya rekomendasikan untuk dibaca. Rating 5/5

You Might Also Like

0 comments

Haniva Az Zahra. Powered by Blogger.